Sabtu, 21 Februari 2015

PANTAI BIKINI ATTOL - Kepulauan Marsal

    Bikini Attol adalah sebuah tempat yang terletak di wilayah Mikronesia yang merupakan bangian dari Kepulauan Marshall yang terletak di Samudera Pasifik. Terletak di Khatulistiwa, tempat ini juga merupakan tempat uji coba nuklir sejak Perang Dunia ke-2 sampai bulan Desember 1945. Tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010.

Sejarah Biniki Attol

    Pada tahun 1600 Kepulauan Marshall ditemukan oleh orang berkembangsaan Spanyol dan kemudian oleh orang berkebangsaan Jerman. Mereka memanfaatkan untuk memproduksi Minyak kopradan buah Kelapa. Pada Perang Dunia ke-2, Bikini Attol sempat dikuasai oleh Jepang sampai akhirnya Amerika Serikat menyerang Kepulauan Marshall, termasuk Bikini Attol. Pertempuran berdarahpun terjadi di Kepulauan Marshall dan Amerika Serikat yang menjatuhkan Jepang. Tentara-tentara Jepang berhasil ditangkap, termasuk yang bersembunyi di lubang buatan mereka sendiri. 
   Pada bulan Desember 1945, Presiden Harry S. Truman mengeluarkan perintah kepada pemimpin Angkatan Darat dan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk pengujian senjata nuklir. Untuk menentukan efek bom atom dikapal perang Amerika Serikat, bikini Attollah yang dipilih karema lokasinya jauh dan menjadi tempat pengujian senjata nuklir baru Amerika Serikat.


Pemandangan Bikini Attol
    Pantai Bikini Attol memiliki lubang di dasar laut. Bikini Attol menjadi berbahaya karena masih terdapat radiasi nuklir yang sangat berbahaya. Tetapi, saat melihat pemandangan di Bikini Attol rasa takut akan bahaya nuklir akan sirna, karena keindahan Pantai yang sangat memukau. Bikini Attol kini menjadi tempt favorit bagi para penyelam, karena pemandangan bawah laut yang indah dan banyak ikan yang hidup di sana. Tetapi ingat, radiasi nuklir masih berada di sana. Jadi, berhati-hatilah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar